Menu Tutup

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Sekolah Ponpes Agro Nuur El Falah Pulutan Kota Salatiga

Pulutan – Pembangunan gedung sekolah baru di Pondok pesantren (Ponpes)Agro Nuur El Falah Pulutan Kota Salatiga hari ini Jumat, 4 Oktober 2019 memasuki tahap pengerjaan awal. Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Lurah Pulutan.

Sebelum peletakan batu pertama, kegiatan diawali dengan doa dan 7 tumpeng yang berarti pitulungan , yang dipimpin oleh 3 ustadz pesantren yaitu ustadz Murtadho, Ustadz Muhiburohman dan Ustadz Kirom. H. Nur Soleh S.Pd I selaku pengasuh Pondok pesantren memohon doa restu semoga diberikan kelancaran dan kemudahan dalam pembangunan. Dilanjutkan sambutan oleh Lurah Pulutan. Hadir dalam acara tersebut Ketua Yayasan Darmo Lestari, Kepala Sekolah SMK Agro Nur El Falah , Perwakilan asatidz Pondok. Ketua Pembangunan Pondok dan Babinsa Kelurahan Pulutan .

“Alhamdulillah, pembangunan Gedung sekolah ini merupakan apresiasi dari pendiri pondok pesantren Bapak Haji Darmo Supono atas perkembangan pondok pesantren yang sangat pesat dan prestasi santri yang semakin maju, untuk itu beliau mendirikan Gedung baru ini untuk menambah sarana prasarana santri dalam memajukan pendidikan di Yayasan Darmo Lestari dan Pesantren Agro Nur Falah. Adapun biaya sepenuhnya di danai oleh Pendiri Pondok pesantren,” ungkap H. Nur Soleh dalam sambutannya.

Ponpes Agro Darul El falah didirikan pada tahun 2002 oleh Bapak H. Darmo Supono diatas lahan pribadi beliau yang diwakafkan untuk pondok seluas 2 Hektar. dalam perkembangannya saat ini bermukim sekitar 940 santriwan santriwati dari tingkat SMP, SMK dan Mahasantri. Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah adalah pesantren yang mendidik skill para santrinya memiliki perhatian khusus terhadap pendidikan bidang pertanian terutama dalam pengembangan agro bisnis dan agro industry. Hal ini dilatar belakangi oleh karena Negara kita adalah Negara AgrarisSehingga diharapkan setelah lulus dari pesantren santri memeiliki skill yang mumpuni dalam bidang pertanian berakhlakul karimah, berjiwa mandiri, dan produktif sebagai bekal dalam berdakwah dan berjuang di tengah-tengah umat/masyarakat. Karenanya sejak dini santri dididik untuk ikut terlibat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan dukungan sumber daya manusia yang mumpuni dan fasalitas yang memadai.

Ketua Panitia pembangunan, H. Rohmadi menyampaikan, nantinya bangunan yang baru akan dibuat menjadi 3 lantai. Gedung yang akan dibangun diatas lahan seluas kurang lebih1 Ha ini masing masing lantai terdiri dari 6 lokal untuk mengakomodir santri baru di tahun ajaran berikutnya. ditargetkan bisa diselesaikan dalam waktu 6 bulan. “Pager Mangkok kuwi luwih kuat tinimbang pager wesi” demikian ditambahkan oleh H. Amir bukhori selaku Ketua Yayasan 1 yang artinya dalam pengerjaan gedung sekolah di Pondok Pesantren ini melibatkan tenaga dari masyarakat sekitar pondok pesantren selain tenaga kontrak yang telah lama ikut pembangunan pondok. sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

H. Rohmadi memang sudah lama dipercaya untuk membangun pondok tersebut dari awal berdiri. diharapkan dengan semakin berkembangnya pondok pesantren ini juga ikut menghidupkan tingkat ekonomi, religius dan pendidikan warga masyarakat sekitar pondok.

“InsyaAllah Gedung ini akan dibangun tiga lantai yang bisa mencakup sekitar 500 santri. Ini semua kami persiapkan untuk Tahun ajaran berikutnya demi menunjang kegiatan Ponpes dalam mensyiarkan ajaran islam kepada para santri maupun masyarakat luas,” kata H. Nur Soleh di lokasi yang sama. Disampaikan juga rencana pembangunansetelah gedung ini adalah pembangunan rehab asrama mengingat semakin banyaknya santri

Sementara, Lurah Pulutan dalam sambutannya menyatakan dukungannya dengan pembangunan di lingkungan Ponpes Agro Nuur El Falah dan mengajak masyarakat luas, khususnya kalangan Ponpes menjadi garda terdepan dalam mengamalkan amar ma’ruf nahi munkar di manapun berada. Semoga pembangunannya berjalan lancar dari awal hingga akhir. Fungsinya tetap konsisten menegakkan amal ma’ruf nahi munkar di Kota Salatiga khususnya di wilayah Pulutan untuk perdamaian dan kemajuan bangsa dan negara, amin,” tukasnya. (wam)