PEMBINAAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN KELURAHAN PULUTAN

Kegiatan Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 25 Juni 2019 usai acara Halal Bi Halal di Kelurahan Pulutan sebagai salah satu bentuk pembinaan dalam pelaksanaan organisasi kelembagaan se kelurahan Pulutan yang diikuti oleh Ketua RT RW, Kader PKK, Kader Kesehatan, LPMK, Karang Taruna dan Lembaga Kemasyarakatan lainnya.

Dalam Pemaparan Materi Sesi 1 yang disampaikan oleh Bp. Nursoleh sebagai BABINSA Wilayah Kelurahan Pulutan menyampaikan bahwa untuk mempererat tali silaturahmi dan kerjasama yang baik dalam rangka mendukung Tugas Pokok Babinsa serta terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Babinsa secara rutin dan berkesinambungan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat dengan cara mendatangi dan berkomunikasi dengan Tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya.

Pelaksanaan Komunikasi Sosial ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan dari Babinsa tersebut dan akan lebih mempererat hubungan antara TNI dan Masyarakat. Dalam pelaksanaannya diketahui bahwa Lembaga kemasyarakatan mempunyai peran yang sangat signifikan dalam menjaga keutuhan dalam hubungan sosial kemasyarakatan karena melalui kesempatan yang strategis ini Babinsa menghimbau agar para peserta pembinaan semakin aktif dalam meningkatkan kapasitas kelembagaan.

Materi berikutnya disampaikan oleh Ketua LPMK Bp. Hanif, S.Pd. I yang menjelaskan bahwa LPMK memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Penampungan dan penyaluran aspirasi masyarakat dalam pembangunan.
  2. Penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dalam rangka memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Peningkatakn kualitas dan percepatan pelayanan pemerintah kepada mayarakat.
  4. Penyusunan rencana, pelaksanaan dan pengembangan hasil-hasil pembangunan secara partisipatif.
  5. Penumbuhkembangan dan penggerak prakarsa, partisipasi serta swadaya gotong royong masyarakat.
  6. Penggali, pendayagunaan dan pengembangan potensi sumber daya alam serta keserasian lingkungan hidup.

Sehubungan dengan ditetapkannya peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 130 Tahun 2019 tentang Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan, LPMK sebagai koordinator kelompok masyarakat akan turut secara aktif dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang bersumber dari Anggaran Dana kelurahan Tahun 2019.